Teknik Elektro LinksThermostat, Panel Bel, Board Mikro, Driver Relay.

Instalasi GCC-AVR, AVRDUDE dan Arduino Sekali Jalan

Pepatah “Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui” sangat cocok untuk catatan linux4teknikelektro kali ini. Ya, kali ini kita akan melakukan instalasi GCC-AVR, AVRDUDE dan Arduino dengan sekali jalan. Sekali instalasi, ketiganya akan terinstalasi. Namun sebelumnya saya akan bahas sekilas tentang GCC-AVR, AVRDUDE dan Arduino.

GCC-AVR

GCC-AVR adalah kompiler C dengan target mikrokontroler ATMEL AVR. Dengan paket program ini kita bisa membuat program mikrokontroler AVR dengan bahasa pemrograman C/C++.

Karena targetnya mikrokontroler AVR, maka paket program ini membutuhkan library C khusus, yakni avr-libc. Dan juga membutuhkan utilitas untuk file binary yang khusus pula, yakni binutils-avr. Kedua paket ini harus ikut diinstalasi.

AVRDUDE

AVRDUDE adalah program utilitas untuk memrogram IC mikrokontroler ATMEL AVR. Program ini mendukung banyak sekali tipe mikrokontroler AVR dan mendukung banyak sekali tipe programmer. AVRDUDE memang bukan satu-satunya program untuk keperluan ini, tapi sangat boleh jadi adalah program yang paling populer dibanding program sejenis lainnya.

Arduino

Arduino adalah merek sistem mikrokontroler berbasis AVR untuk keperluan prototyping. Lebih tepatnya, Arduino adalah Rapid Electronics Prototyping Platform yang terdiri dari hardware dan software. Mikrokontroler AVR pada board Arduino ditanami program bootloader Arduino yang berfungsi untuk menuliskan program ke memori program mikrokontroler. Dengan adanya bootloader ini, kita tidak memerlukan programmer khusus untuk mengisi program ke mikrokontroler.

Software Arduino merupakan framework C++ dengan library bejibun yang siap-pakai. Dengan Arduino, seorang programmer tanpa pengetahuan dan pengalaman detil di bidang elektronika bisa membuat sistem berbasis mikrokontroler dengan cepat. Oleh karenanya Arduino sangat cocok untuk pemula.

Arduino bersifat open-source, baik software maupun hardware-nya. Siapapun bisa membuat kloningannya asalkan tidak diberi nama Arduino. Banyak contoh yang sudah beredar seperti DFRobot, Freeduino, Femtoduino dan saya pun membuat juga dengan nama NEO STARDUINO.

Neo Starduino

NEO STARDUINONeo Starduino adalah board mikrokontroler AVR ATmega8 dengan bootloader Arduino. Board ini tidak menggunakan port USB tapi menggunakan port serial dengan konektor DB9-Male. Jadi bagi pengguna laptop diperlukan tambahan kabel konverter USB-to-RS232.

Penggunaan DB9-Male memang sengaja dibuat demikian untuk keperluan interfacing dengan piranti-piranti serial lain seperti modem serial, timbangan digital, caliper digital dan lain-lain. Jadi board ini sangat cocok untuk aplikasi seperti kontrol peralatan listrik via SMS dan alarm via SMS.

Langkah-langkah Instalasi

  1. Buka terminal dan pastikan komputer/laptop Anda terhubung k e internet.
  2. Lakukan update daftar paket program bila dirasa diperlukan dengan perintah:
    sudo apt-get update
  3. Lakukan instalasi Arduino dengan perintah:
    sudo apt-get install arduino
  4. Tunggu dengan sabar dan tenang. Sambil menunggu Anda bisa melanjutkan pekerjaan yang lain atau membaca catatan-catatan Linux Forte yang lain.

Instalasi Arduino

Alhamdulillaah, instalasi telah selesai, sekarang kita bisa membuat program mikrokontroler dengan IDE Arduino. Berikut adalah contoh tampilan IDE Arduino pada komputer saya yang menggunakan linux wattOS R8 yang merupakan turunan dari Debian 7 (Wheezy).

arduino_wattos

Menambah User Ke Group dialout

Arduino memerlukan akses ke port serial seperti /dev/ttyS0 ataupun port virtual serial seperti /dev/ttyUSB0. Jadi Arduino membutuhkan akses root. Untuk itu kita bisa memanggil aplikasi Arduino dengan perintah:

sudo arduino

Cara lain adalah dengan mendaftarkan user pada group dialout. Perintah untuk menambahkan user ke group dialout adalah:

sudo arduino-add-groups

Jangan lupa logout dan login kembali agar user benar-benar tercatat pada group dialout. Setelah user terdaftar pada group dialout, maka program Arduino yang dipanggil oleh user akan dapat mengakses port serial.

Wait A Second, Sir!

Bagaimana dengan paket program GCC-AVR dan AVRDUDE? Kan belum diinstalasi?

Tenang. Keduanya telah terinstalasi karena Arduino menggunakan GCC-AVR sebagai kompiler dan AVRDUDE untuk meng-upload program ke mikrokontroler. Dan karena avr-libc dan binutils-avr diperlukan oleh GCC-AVR, maka keduanya pun telah otomatis terinstalasi. Jadi tak salah bila saya katakan:

Satu kali instal, dua tiga program terinstalasi.

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *